Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Pendekatan STEAM Berbasis PjBL pada Pembelajaran Seni Rupa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyyah

Siti Rahmayanti, NIM. 2112016 (2025) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Pendekatan STEAM Berbasis PjBL pada Pembelajaran Seni Rupa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyyah. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of HAL DEPAN.pdf] Text
HAL DEPAN.pdf - Published Version

Download (947kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (616kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (706kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran seni rupa melalui penerapan pendekatan
STEAM berbasis Project-Based Learning (PjBL) di Madrasah Ibtidaiyyah Ma'arif
Nurul Yaqin Pondokgebangsari. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan berpikir kreatif siswa yang terindikasi dari pembelajaran seni rupa
yang masih konvensional dan cenderung berorientasi pada peniruan, padahal
kemampuan berpikir kreatif merupakan kompetensi esensial di abad ke-21.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI
Ma'arif Nurul Yaqin Pondokgebangsari yang berjumlah 20 orang. Teknik
pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tes yang
digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif yang diberikan dalam bentuk pre
test pada awal penelitian dan post-test pada akhir siklus II, serta rubrik penilaian
produk.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari siklus
I ke siklus II. Nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dari
67,15 pada pre-test menjadi 78,75 pada post-test Siklus II. Peningkatan ini juga
ditunjukkan oleh persentase ketuntasan klasikal yang melonjak dari 35% di awal
penelitian menjadi 80% di akhir Siklus II. Peningkatan ini terlihat pada setiap aspek
kreativitas, yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Berdasarkan hasil
penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEAM berbasis PjBL
efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model ini berhasil
mengubah suasana pembelajaran dari yang pasif menjadi aktif, kolaboratif, dan
berpusat pada siswa, sehingga memberikan ruang yang optimal bagi siswa untuk
mengeksplorasi ide dan mewujudkan kreativitasnya melalui karya seni.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Muna Fauziah,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, STEAM, Project-Based Learning, Seni Rupa, Makrame
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:05
Last Modified: 04 Nov 2025 07:05
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item