Penerepan Metode Bandongan dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurut Tholibin Karangsari

Nurul Khafidatun Nabilah, NIM.2110084 (2025) Penerepan Metode Bandongan dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurut Tholibin Karangsari. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (811kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (299kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (437kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (300kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (262kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Khafidatun Nabilah. 2110084. Penerepan Metode Bandongan dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurut Tholibin Karangsari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode bandongan di Pondok Pesantren Nurut Tholibin dan menganalisis pengaruh
penerapan metode bandongan dalam meningkatkan Minat Belajar Santri di Pondok Pesantren Nurut Tholibin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pengasuh pondok,
ustadz, dan santri, serta dokumentasi kegiatan pengajian. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi
data dengan menyederhanakan data, penyajian data dengan pengumpulan informasi, dan penarikan kesimpulan dengan menyimpulkan keseluruhan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Bandongan di
Pondok Pesantren Nurut Tholibin Karangsari yaitu pembukaan pengajian, dengan ustadz mengucapkan salam, lalu bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW dan pengarang kitab serta guru-guru terdahulu. Bagian inti pengajian, ustadz membaca
makna pegon dan menjelaskan terjemahannya, lalu santri memaknai kitabnya. Bagian penutup pengajian, ustadz berdoa dan santri melafalkan doa kafaratul majlis. Penerapan metode ini berpengaruh positif terhadap minat belajar santri,
ditandai dengan meningkatnya semangat, antusiasme, serta efektivitas dan efisiensi dalam pengajian. Dengan demikian, bahwa metode bandongan memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan minat belajar santri di Pondok Pesantren
Nurut Tholibin Karangsari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nginayatul Khasanah,M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2025 04:21
Last Modified: 03 Dec 2025 04:21
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item
View Item