Aulia Hilda Khairunnisa, NIM.21110070 (2025) Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Roudlotul Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Ad Diin Kuwarasan, Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (194kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (596kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (209kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB)
Abstract
ABSTRAK
Aulia Hilda Khairunnisa. 21110070. Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Roudlotul Tarbiyatil Qur’an (RTQ) Ad Diin Kuwarasan,
Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode Yanbu’adalah proses pembelajaran Al-Qur’an di RTQ Ad Diin Kuwarasan, Kebumen; (2)
menganalisis peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri sebelum dan sesudah diterapkannya metode Yanbu’a; serta (3) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri atas pengasuh, ustadzah, dan santri RTQ Ad Diin. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Yanbu’a dilakukan secara
bertahap mulai dari jilid dasar hingga Al-Qur’an lengkap melalui sistem klasikal dan sorogan (individual). Metode ini terbukti meningkatkan kualitas bacaan santri, ditandai
dengan meningkatnya ketepatan makhraj, kefasihan, dan penerapan tajwid yang benar. Faktor pendukungnya meliputi kompetensi ustadzah, ketersediaan buku ajar yang terstruktur, serta dukungan wali santri. Adapun faktor penghambatnya adalah perbedaan kemampuan awal santri, keterbatasan waktu belajar, serta rasio guru dan santri yang belum seimbang. Temuan ini memperkuat bahwa metode Yanbu’a efektif dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an secara sistematis, aplikatif, dan sesuai karakteristik peserta
didik di RTQ Ad Diin.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Mustajab, S.Pd.I.,M.Pd.I |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:10 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:10 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1804 |
