Persepsi Remaja terhadap Pembelajaran Kitab Kuning Studi Kasus Minat Mengaji Remaja di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan

Nur Ahsaniyah, NIM.21110024 (2025) Persepsi Remaja terhadap Pembelajaran Kitab Kuning Studi Kasus Minat Mengaji Remaja di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (585kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (325kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Ahsaniyah. 21110024. Persepsi Remaja terhadap Pembelajaran Kitab Kuning Studi Kasus Minat Mengaji Remaja di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui persepsi remaja mengenai
pembelajaran kitab kuning yang dilaksanakan di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mengaji pada remaja
di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman. Ketiga alur tersebut adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi remaja terhadap pembelajaran kitab kuning di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan bersifat
beragam. Sebagian remaja menunjukkan persepsi positif dengan menilai kitab kuning sebagai sarana penting untuk memperdalam pemahaman agama, khususnya dalam aspek fiqih dan ibadah. Namun, sebagian lainnya menunjukkan persepsi
positif karena keterbatasan kemampuan, metode pembelajaran yang monoton, serta faktor kelelahan yang dialami remaja dan pengaruh teman sebaya (2) minat remaja terhadap pembelajaran kitab kuning di TPQ Al-Ikhlas dipengaruhi oleh faktor
internal seperti motivasi, pemahaman, dan kondisi fisik, serta faktor eksternal berupa dukungan orang tua, pengaruh teman sebaya, peran ustadz, dan metode
pembelajaran. Kendala utama yang dihadapi remaja adalah rendahnya motivasi, kesulitan memahami teks pegon, serta metode pembelajaran yang monoton. Untuk
mengatasi hal tersebut, peneliti menawarkan solusi strategis berupa penumbuhan motivasi melalui dorongan ustadz dan kisah inspiratif, pelatihan khusus membaca
pegon dengan metode drill, variasi metode pembelajaran yang lebih interaktif, serta pendekatan kontekstual yang mengaitkan kitab kuning dengan realitas kehidupan
modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Muzayyin,S.Th.I.,M.Hum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:16
Last Modified: 06 Nov 2025 03:16
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item
View Item