Nur Ahsaniyah, NIM.21110024 (2025) Persepsi Remaja terhadap Pembelajaran Kitab Kuning Studi Kasus Minat Mengaji Remaja di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (585kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (219kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (325kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (118kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB)
Abstract
ABSTRAK
Nur Ahsaniyah. 21110024. Persepsi Remaja terhadap Pembelajaran Kitab Kuning Studi Kasus Minat Mengaji Remaja di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui persepsi remaja mengenai
pembelajaran kitab kuning yang dilaksanakan di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mengaji pada remaja
di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman. Ketiga alur tersebut adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi remaja terhadap pembelajaran kitab kuning di TPQ Al-Ikhlas Desa Kuwayuhan bersifat
beragam. Sebagian remaja menunjukkan persepsi positif dengan menilai kitab kuning sebagai sarana penting untuk memperdalam pemahaman agama, khususnya dalam aspek fiqih dan ibadah. Namun, sebagian lainnya menunjukkan persepsi
positif karena keterbatasan kemampuan, metode pembelajaran yang monoton, serta faktor kelelahan yang dialami remaja dan pengaruh teman sebaya (2) minat remaja terhadap pembelajaran kitab kuning di TPQ Al-Ikhlas dipengaruhi oleh faktor
internal seperti motivasi, pemahaman, dan kondisi fisik, serta faktor eksternal berupa dukungan orang tua, pengaruh teman sebaya, peran ustadz, dan metode
pembelajaran. Kendala utama yang dihadapi remaja adalah rendahnya motivasi, kesulitan memahami teks pegon, serta metode pembelajaran yang monoton. Untuk
mengatasi hal tersebut, peneliti menawarkan solusi strategis berupa penumbuhan motivasi melalui dorongan ustadz dan kisah inspiratif, pelatihan khusus membaca
pegon dengan metode drill, variasi metode pembelajaran yang lebih interaktif, serta pendekatan kontekstual yang mengaitkan kitab kuning dengan realitas kehidupan
modern.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Muzayyin,S.Th.I.,M.Hum |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:16 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:16 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1788 |
