Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di SMP N 1 Karangsambung Kebumen

Trisa Munawaroh, NIM.21110167 (2025) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di SMP N 1 Karangsambung Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (401kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (418kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK
Trisa Munawaroh. 21110167. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keaktifan Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di SMP N 1 Karangsambung Kebumen.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan siswa kelas VIII pada mata pelajaran fikih di SMP N 1 Karangsambung Kebumen; (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan siswa kelas VIII pada mata pelajaran fikih di SMP N 1 Karangsambung. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Karangsambung yang berjumlah 253 siswa. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa, diambil melalui
teknik random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil uji regresi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil analisis uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 6,094 > t tabel sebesar 1,998. Dengan
demikian, Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H1) diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan.. Hasil ini menunjukkan nilai pengaruh yang
signifikan implementasi model pembelajaran kolaboratif terhadap keaktifan siswa kelas VIII SMP N 1 Karangsambung Kebumen; (2) hasil uji determinasi menunjukkan R square 0,375 yang berarti model pembelajaran kolaboratif
mempengaruhi keaktifan siswa kelas VIII SMP N 1 Karangsambung Kebumen sebesar 37,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nginayatul Khasanah,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 01:53
Last Modified: 06 Nov 2025 01:53
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item
View Item