Lailatur Rochmah, NIM.21110110 (2025) Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menguatkan Hasil Belajar Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangu. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (3MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (303kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (246kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (313kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB)
Abstract
ABSTRAK
Lailatur Rochmah. 21110110. Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menguatkan Hasil Belajar Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangun. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis dan mendeskripsikan strategi pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangun, khususnya dalam menguatkan hasil belajar afektif siswa. (2) menganalisis kendala strategi pembelajaran berbasis proyek dalam menguatkan hasil belajar afektif mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kutowinangun. (3) menganalisis solusi dari kendala strategi pembelajaran berbasis proyek dalam menguatkan hasil belajar afektif mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3
Kutowinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran berbasis proyek telah diterapkan dengan menekankan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan
pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif, seperti simulasi praktik jual beli, pembuatan poster nilai keislaman, dan presentasi kelompok; (2) Kendala yang
dihadapi antara lain keterbatasan waktu, kurangnya fasilitas, dan kesiapan guru dalam merancang proyek yang terintegrasi dengan tujuan afektif; (3) Solusi yang diterapkan berupa penguatan perencanaan pembelajaran, kolaborasi antar guru, serta pengembangan proyek sederhana yang relevan dengan konteks kehidupan siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Imam Subarkah,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 07:10 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 07:10 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1782 |
