Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menguatkan Hasil Belajar Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangu

Lailatur Rochmah, NIM.21110110 (2025) Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menguatkan Hasil Belajar Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangu. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (303kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatur Rochmah. 21110110. Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menguatkan Hasil Belajar Afektif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangun. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis dan mendeskripsikan strategi pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 3 Kutowinangun, khususnya dalam menguatkan hasil belajar afektif siswa. (2) menganalisis kendala strategi pembelajaran berbasis proyek dalam menguatkan hasil belajar afektif mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kutowinangun. (3) menganalisis solusi dari kendala strategi pembelajaran berbasis proyek dalam menguatkan hasil belajar afektif mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3
Kutowinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kutowinangun pada tahun ajaran 2024/2025. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran berbasis proyek telah diterapkan dengan menekankan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan
pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif, seperti simulasi praktik jual beli, pembuatan poster nilai keislaman, dan presentasi kelompok; (2) Kendala yang
dihadapi antara lain keterbatasan waktu, kurangnya fasilitas, dan kesiapan guru dalam merancang proyek yang terintegrasi dengan tujuan afektif; (3) Solusi yang diterapkan berupa penguatan perencanaan pembelajaran, kolaborasi antar guru, serta pengembangan proyek sederhana yang relevan dengan konteks kehidupan siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Imam Subarkah,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2025 07:10
Last Modified: 05 Nov 2025 07:10
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item
View Item