Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Mikro di BPRS Ihsanul Amal Gombong

Ngainun Najib, NIM.2123065 (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Mikro di BPRS Ihsanul Amal Gombong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER - ABSTRAK Skripsi Ngainun Najib PS 2123065.pdf] Text
1. COVER - ABSTRAK Skripsi Ngainun Najib PS 2123065.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (591kB)
[thumbnail of BAB II LANDASAN TEORI.pdf] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf - Published Version

Download (846kB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (413kB)
[thumbnail of BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[thumbnail of BAB V PENUTUP.pdf] Text
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (573kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan 7P terhadap keputusan nasabah dalam melakukan pembiayaan mikro di BPRS Ihsanul Amal Gombong. Literasi keuangan syariah, sebagai kemampuan nasabah memahami dan menerapkan prinsip keuangan Islam,
dan strategi pemasaran menjadi fokus utama penelitian ini karena perannya yang vital dalam memengaruhi pilihan nasabah di lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data
primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 nasabah yang menjadi sampel penelitian. Data yang
terkumpul dianalisis menggunakan serangkaian uji statistik, termasuk Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis melalui program
IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, baik literasi keuangan syariah maupun 7P berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah dan pemasaran secara bersama-sama mampu menjelaskan sebesar 68,6% variabel
pengambilan keputusan nasabah. Sisanya sebesar 31,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa
peningkatan pemahaman keuangan syariah dan strategi pemasaran yang efektif adalah kunci untuk mendorong pertumbuhan pembiayaan mikro pada BPRS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nur Iman Hakim Al-Faqih.S.E.I.,M.E.K
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2025 04:07
Last Modified: 05 Nov 2025 04:07
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item
View Item