Yessi Asokawati, NIM.2113027 (2025) Manajemen Pengembangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussa’adah Petanahan). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati.pdf - Published Version
Download (4MB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_Awal.pdf - Published Version
Download (1MB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_BAB II.pdf - Published Version
Download (364kB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_BAB III.pdf - Published Version
Download (365kB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB)
Skripsi_2113027_Yessi Asokawati_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (190kB)
Abstract
ABSTRAK
Yessi Asokawati. 2113027. Manajemen Pengembangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Darussa’adah Petanahan) Pondok Pesantren Darussa’adah Petanahan Kebumen merupakan lembaga pendidikan Islam yang berupaya menjaga tradisi kepesantrenan sekaligus
menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pondok untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen pengembangan yang terarah dan partisipatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bentuk manajemen pengembangan, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap mutu pendidikan di pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian
dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi.
Program prioritas yang dijalankan meliputi penguatan kurikulum diniyah dan formal, peningkatan kompetensi guru, penyediaan sarana pembelajaran, serta
pembinaan karakter santri. Faktor pendukung berasal dari kepemimpinan kiai, partisipasi guru dan santri, serta dukungan masyarakat, sedangkan kendala utama
adalah keterbatasan dana, fasilitas, dan tenaga pengajar. Dampaknya, mutu pendidikan di pondok mengalami peningkatan baik dari aspek akademik maupun non-akademik, serta semakin mendapat kepercayaan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Bahrun Ali Murtopo,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:15 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:15 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1759 |
