Pengaruh Media Sosial terhadap Pemahaman Nilai Keislaman pada Siswa SMP Negeri 1 Pejagoan

Siti Nurvaizah, NIM. 21110028 (2025) Pengaruh Media Sosial terhadap Pemahaman Nilai Keislaman pada Siswa SMP Negeri 1 Pejagoan. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (342kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (439kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (239kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya
penggunaan media sosial di kalangan remaja yang berpotensi memengaruhi cara
pandang dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai keislaman. Pemahaman nilai
keislaman dianggap penting dalam membentuk karakter dan akhlak mulia, sehingga
penelitian ini relevan dilakukan pada siswa sekolah umum tingkat SMP.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media
sosial terhadap pemahaman nilai keislaman serta seberapa besar pengaruh tersebut
pada siswa SMP Negeri 1 Pejagoan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 754 siswa,
dengan sampel sebanyak 113 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional
random sampling. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linear
sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh
positif dan signifikan terhadap pemahaman nilai keislaman siswa. Besarnya pengaruh
ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 5,1%, dengan nilai signifikansi < 0,05.
Artinya, meskipun pengaruh media sosial terhadap pemahaman nilai keislaman siswa
nyata dan signifikan, kontribusinya relatif kecil karena masih terdapat faktor lain di
luar penelitian ini yang memengaruhi sebesar 94,9%. Dengan demikian, penelitian ini
menegaskan perlunya pemanfaatan media sosial secara bijak sebagai sarana penunjang
pendidikan agama sekaligus penguatan karakter keislaman siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Syifa Hamama, S.I.Kom., M.Si.
Uncontrolled Keywords: media sosial, nilai keislaman, siswa SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:23
Last Modified: 15 Oct 2025 02:23
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item
View Item