Efektivitas Penggunaan Perangkat Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren Ta’limul Qur’an (PPTQ) Quantum Qolbu

Rizki Afifah, NIM. 21110052 (2025) Efektivitas Penggunaan Perangkat Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren Ta’limul Qur’an (PPTQ) Quantum Qolbu. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (391kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (403kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan
perangkat digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren
Ta’limul Qur’an (PPTQ) Quantum Qolbu Tresnorejo, Kecamatan Petanahan,
Kabupaten Kebumen. Tingkat efektivitas penggunaan perangkat digital dalam
penelitian ini dimoderasi oleh variabel motivasi belajar, pencapaian hasil belajar
dan keaktifan belajar siswa.
Sampel dari penelitian ini adalah siswa Pondok Pesantren Ta’limul Qur’an
(PPTQ) Quantum Qolbu Tresnorejo yang diambil dengan teknik Probability
Sampling yaitu Proportionate Random Sampling. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji instrumen validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi menggunakan program SPSS 25 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan perangkat digital
berpengaruh namun tidak signifikan terhadap efektivitas pembelajaran yang
ditunjukkan dari thitung < ttabel (0,521< 1,676) dan nilai signifikansi 0,605 > 0,05;
variabel motivasi belajar secara simultan mampu memoderasi penggunaan
perangkat digital terhadap efektivitas pembelajaran yang ditunjukkan dari fhitung >
ftabel (3,519 > 2,81) dan nilai signifikansi 0,022 < 0,05; variabel pencapaian hasil
belajar belum mampu menjelaskan efektivitas penggunaan perangkat digital dalam
pembelajaran yang ditunjukkan dari fhitung < ftabel (0,358 < 2,81) dan nilai
signifikansi 0,783 > 0,05; variabel keaktifan belajar secara simultan mampu
memoderasi penggunaan perangkat digital terhadap efektivitas pembelajaran yang
ditunjukkan dari fhitung > ftabel (4,678 > 2,81) dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : M. Achid Nurseha, S.H.I., M,S.I.
Uncontrolled Keywords: Perangkat Digital dalam Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pencapaian Hasil Belajar, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:40
Last Modified: 09 Oct 2025 02:40
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item
View Item