Upaya peningkatan jumlah santri melalui pemasaran produk dengan Pendekatan ABCD : Studi Kasus Pondok Pesantren An-Nahdlah Kebumen

Astuti, NIM : 2113002 (2025) Upaya peningkatan jumlah santri melalui pemasaran produk dengan Pendekatan ABCD : Studi Kasus Pondok Pesantren An-Nahdlah Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (521kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (271kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (259kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui aset, potensi dan praktik
terbaik (best practice) yang dimiliki pondok pesantren An-Nahdlah Kebumen
untuk peningkatan jumlah santri; (2) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran
dalam peningkatan jumlah santri melalui pemasaran produk di Pondok Pesantren
An-Nahdlah Kebumen dengan pendekatan ABCD.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek
Informan yang diteliti adalah pengasuh pondok pesantren, ustadz dan pengurus
pondok pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, focus group discussion (FGD), dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pondok pesantren An-Nahdlah
memiliki berbagai aset yang dimiliki, meliputi aset fisik, sumber daya manusia,
sosial, budaya, lingkungan, finansial, teknologi, jaringan digital, organisasi, dan
waktu. Melalui pendekatan ABCD, aset aset ini dipetakan dan dioptimalkan dalam
tahap Discovery, Dream, Design, Define, hingga Destiny. Guna merancang dan
mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat. Strategi yang diterapkan
meliputi sosialisasi media yaitu pembuatan brosur, pamflet, konten dengan
melakukan kolaborasi media kampus, dan Unit Kegiatan Mahasiswa Media
Konten. Sedangkan sosialisasi program tahfidz melalui tahfidz on screen dan
semaan Qur’ani. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk keberlanjutan program
kedepannya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Santri, Pemasaran produk, Pondok Pesantren, Pendekatan ABCD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:38
Last Modified: 01 Oct 2025 03:38
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item
View Item