Amalia Setiyani, NIM.21110099 (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (276kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (189kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (200kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB)
Abstract
ABSTRAK
Amalia Setiyani. 21110099. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui
Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Kebumen.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai karakter
religius dalam mengatasi adanya berbagai fenomena degradasi moral dikalangan
remaja. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi
nilai-nilai religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak dan mengetahui faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan nilai-nilai religius pada peserta
didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari Waka Kurikulum, Guru Akidah
Akhlak dan peserta didik kelas X MAN 2 Kebumen. Teknik pengolahan data yang
dilakukan yaitu mereduksi data, menganalisis data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di MAN 2 : internalisasi nilai-nilai
religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan beberapa metode
internalisasi, yaitu pembiasaan, peneladanan, penegakan aturan, pemotivasian.
Guru juga menanamkan sikap menghormati sesama, sopan santun, dan toleransi
melalui interaksi langsung, penggunaan bahasa yang santun, serta penghargaan
terhadap perbedaan pendapat dan keberagaman pemahaman keagamaan.
Keseluruhan metode ini berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter
religius peserta didik yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan zaman.
Faktor pendukung dari internalisasi nilai-nilai religius yaitu dari Visi Madrasah
yang sesuai dengan nilai-nilai religius dan background pendidikan agama peserta
didik yang sudah memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu mirisnya sarana
prasarana ketika sholat berjamaah, media sosial yang menjadi sumber distraksi dan
juga pengaruh lingkungan sosial yang kurang baik
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Nadia Raifah Nawakartika,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:07 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 04:07 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1691 |
