Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Kebumen

Amalia Setiyani, NIM.21110099 (2025) Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (278kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (189kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (124kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK
Amalia Setiyani. 21110099. Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui
Pembelajaran Akidah Akhlak Di MAN 2 Kebumen.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai karakter
religius dalam mengatasi adanya berbagai fenomena degradasi moral dikalangan
remaja. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi
nilai-nilai religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak dan mengetahui faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan nilai-nilai religius pada peserta
didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari Waka Kurikulum, Guru Akidah
Akhlak dan peserta didik kelas X MAN 2 Kebumen. Teknik pengolahan data yang
dilakukan yaitu mereduksi data, menganalisis data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di MAN 2 : internalisasi nilai-nilai
religius melalui pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan beberapa metode
internalisasi, yaitu pembiasaan, peneladanan, penegakan aturan, pemotivasian.
Guru juga menanamkan sikap menghormati sesama, sopan santun, dan toleransi
melalui interaksi langsung, penggunaan bahasa yang santun, serta penghargaan
terhadap perbedaan pendapat dan keberagaman pemahaman keagamaan.
Keseluruhan metode ini berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter
religius peserta didik yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan zaman.
Faktor pendukung dari internalisasi nilai-nilai religius yaitu dari Visi Madrasah
yang sesuai dengan nilai-nilai religius dan background pendidikan agama peserta
didik yang sudah memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu mirisnya sarana
prasarana ketika sholat berjamaah, media sosial yang menjadi sumber distraksi dan
juga pengaruh lingkungan sosial yang kurang baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nadia Raifah Nawakartika,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:07
Last Modified: 30 Sep 2025 04:07
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item
View Item