Mursilatussa’adah, NIM.21110017 (2025) Efektivitas Pembelajaran Kitab Yanbu’a Di TPQ Abu Bakar Wirogaten Mirit. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (319kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (281kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (781kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (218kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB)
Abstract
ABSTRAK
Mursilatussa’adah. 21110017. Efektivitas Pembelajaran Kitab Yanbu’a Di TPQ
Abu Bakar Wirogaten Mirit.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan
pembelajaran kitab yanbu’a pada TPQ Abu Bakar Wirogaten Mirit; (2) Untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab yanbu’a pada TPQ Abu Bakar
Wirogaten Mirit; (3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran kitab yanbu’a pada
TPQ Abu Bakar Wirogaten Mirit.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan mendeskripsikan
efektivitas pembelajaran kitab yanbu’a di TPQ Abu Bakar jilid pemula hingga jilid
tujuh sebagai subjek penelitian. Adapun proses pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi serta dokumentasi mulai dari perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran hingga hasil pembelajaran peserta didik di TPQ Abu
Bakar Wirogaten Mirit. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan
Pembelajaran kitab yanbu’a di TPQ Abu Bakar berjalan dengan efektif dengan
menggunakan perencanaan pembelajaran yang baik di setiap jilidnya dan penentuan
rencana pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi peserta didik di setiap jilidnya,
(2) Pelaksanaan pembelajaran kitab yanbu’a di TPQ Abu Bakar berlangsung
dengan baik yang mana setiap gurunya mampu menguasai kondisi kelas serta
melakukan pendekatan terhadap peserta didik dengan baik, (3) Hasil pembelajaran
kitab yanbu’a di TPQ Abu Bakar mendapatkan hasil yang memuaskan dimana
peserta didiknya dapat menguasai materi pembelajaran disetiap jilidnya secara
perlahan, tentunya peserta didik jadi lebih bisa membaca serta menulis huruf
hijaiyah yang disambung maupun yang terpisah
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. H.M. Bahrul Ilmie,S.Ag.,M.Hum |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 27 Sep 2025 03:26 |
| Last Modified: | 27 Sep 2025 03:26 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1676 |
