Implementasi murajaah bersama untuk meningkatkan hafalan suratan pendek di MI Ma‟arif Kemangguan

Faridatul Khoeriyah, NIM.20116868. (2024) Implementasi murajaah bersama untuk meningkatkan hafalan suratan pendek di MI Ma‟arif Kemangguan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (394kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (200kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK
Faridatul Khoeriyah. 20116868. Implementasi murajaah bersama untuk
meningkatkan hafalan suratan pendek di MI Ma‟arif Kemangguan. Dalam
pembelajaran hafalan surat pendek disini menggunakan murajah agar hafalan
siswa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini
adalah: (1) bagaimana penerapan muarajaah di MI Ma‟arif Kemangguan (2) apa
saja faktor penghambat dan pendukung penerapan murajaah di MI Ma‟arif
Kemangguan.
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui
bagaimana penerapan murajaah di MI Ma‟arif Kemangguan (2) untuk mengetahui
apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan murajaah di mi ma‟arif
Kemangguan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi murajaah hafalan suratan
pendek di MI Ma‟arif Kemangguan ada 4 tahap pelaksanaan yaitu kegiatan awal,
kegiatan inti, kegiatan akhir dan tahap evaluasi.
Dalam proses hafalan surat pendek ada faktor penghambat dan faktor
pendukung. Salah satu faktor penghambat adalah: (1) siswa kurang fokus (2)
malas (3) kuragnya waktu (4) kondisi lingkungan yang yang kurang efektif dan
faktor pendukungnya adalah: (1) faktor guru (2) faktor siswa (3) faktor waktu
(4)faktor sarana prasarana dan fasilitas. Penerapan murajaah menjadi lebih lancar.
Dengan murjaaah siswa mampu mempercepat hafalan suratan pendek
dibandingkan dengn tidak murajaah, selain itu hafalan siswa menjadi lebih kuat
dan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing:Faisal.M.Ag
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:12
Last Modified: 24 Sep 2025 04:12
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item
View Item