Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah Kebumen

Mei Dwi Muti’ah, NIM.21110080 (2025) Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (996kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (701kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui strategi guru tahfidz
dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren An
Nahdlah Kebumen: (2) untuk mengetahui kendala dan solusi dalam meningkatkan
hafalan Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah Kebumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam peneliti ini
adalah pengasuh, guru tahfidz, santri tahfidz pondok pesantren An-Nahdlah
Kebumen.teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Miles dan
Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data(3)
Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) strategi guru tahfidz dalam meningkatkan
kemampuan hafalan Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah
Kebumen dengan memotivasi santri dan selalu memuroja’ah hafalan yang sudah
dimiliki.(2) kendala dan solusi dalam meningkatkan kemampua hafalan Al-Qur’an
pada santri di Pondok Pesantren An-Nahdlah Kebumen yaitu memiliki kendala
kendala yang dipengaruhi oleh dua faktor. Yang pertama faktor internal yaitu
kurangnya motivasi dari dalam diri santri, belum ada niat yang kuat untuk
menghafal, belum bisa mengatur waktu dengan baik untuk muroja’ah hafalan yang
di peroleh. Untuk faktor yang kedua yaitu faktor ekstrenal yaitu faktor lingkungan,
lingkungan yang kurang mendukung akan menjadi kendala contohnya lingkungan
yang kurang kondusif dan kurangnya suasana yang qur’ani. Untuk solusinya santri
yang sudah tahfidz di jadikan satu kamar atau satu komplek agar saling memotivasi
satu sama lain.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Maesaroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Tahfidz, Hafalan Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:45
Last Modified: 23 Sep 2025 03:45
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item
View Item