Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo

Ni'matul Nur Annafi, NIM : 2112012 (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (630kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (468kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (162kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Ropin Badar (Roda Pintar Bangun Datar) Pada
Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo.Tujuan Penelitian
adalah : (1) untuk mendesain pengembangan media pembelajaran Ropin Badar pada
pembelajaran matematika kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo; (2) untuk mengetahui
tingkat kelayakan dari media pembelajaran Ropin Badar pada pembelajaran
matematika kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo; dan (3) untuk mengetahui respon
peserta didik terhadap penggunaan media dari pembelajaran Ropin Badar pada
pembelajaran matematika kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo. Penelitian yang
dilakukan ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development
/RND) dengam menggunakan model penelitian yang terdiri dari lima tahap yaitu:
analysis (analisis kebutuhan), design (desain atau perancangan media), development
(membuat atau proses pembuatan media dan validasi), implementation (implementasi
atau uji coba media), dan evaluation (penilaian serta revisi media atau produk).
Populasi dan sempel pada penelitian ini adalah seluruh peserta kelas 5 di MI
Dipanegara Ranterejo yang berjumlah 18 peserta didik dengan jumlah peserta didik
laki-laki 15 anak dan peserta didik perempuan 3 anak. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development/ RND yang
merupakan metode penelitian dengan pengembangan untuk menghasilkan produk,
menguji kelayakan produk dan mengembangkannya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan
eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu milik Milles and Huberman
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan
hasil dari penelitian dan pengembangan media dapat disimpulkan bahwa: (1) media
pembelajaran Ropin Badar berhasil didesain sesuai dengan tahapan ADDIE dan sesuai
kebutuhan peserta didik; (2) hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan
bahwa media Ropin Badar termasuk dalam kategori “ Sangat Layak” digunakan
dengan presentase ahli media 87% dan ahli materi 90%; dan (3) respon peserta didik
terhadap penggunaan media ini sangat positif, antusias, peserta didik tertarik dengan
pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran
karena mampu
mempermudah pemahaman konsep dari materi bangun datar serta membuat suasana
kelas menjadi lebih hidup serta menyenangkan dengan adanya antusias peserta didik
yang aktif bertanya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Roda Pintar, Bangun Datar, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:26
Last Modified: 23 Sep 2025 03:26
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item
View Item