Ni'matul Nur Annafi, NIM : 2112012 (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (630kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (145kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (468kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (162kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB)
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Ropin Badar (Roda Pintar Bangun Datar) Pada
Pembelajaran Matematika Kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo.Tujuan Penelitian
adalah : (1) untuk mendesain pengembangan media pembelajaran Ropin Badar pada
pembelajaran matematika kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo; (2) untuk mengetahui
tingkat kelayakan dari media pembelajaran Ropin Badar pada pembelajaran
matematika kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo; dan (3) untuk mengetahui respon
peserta didik terhadap penggunaan media dari pembelajaran Ropin Badar pada
pembelajaran matematika kelas 5 di MI Dipanegara Ranterejo. Penelitian yang
dilakukan ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development
/RND) dengam menggunakan model penelitian yang terdiri dari lima tahap yaitu:
analysis (analisis kebutuhan), design (desain atau perancangan media), development
(membuat atau proses pembuatan media dan validasi), implementation (implementasi
atau uji coba media), dan evaluation (penilaian serta revisi media atau produk).
Populasi dan sempel pada penelitian ini adalah seluruh peserta kelas 5 di MI
Dipanegara Ranterejo yang berjumlah 18 peserta didik dengan jumlah peserta didik
laki-laki 15 anak dan peserta didik perempuan 3 anak. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development/ RND yang
merupakan metode penelitian dengan pengembangan untuk menghasilkan produk,
menguji kelayakan produk dan mengembangkannya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan
eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu milik Milles and Huberman
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan
hasil dari penelitian dan pengembangan media dapat disimpulkan bahwa: (1) media
pembelajaran Ropin Badar berhasil didesain sesuai dengan tahapan ADDIE dan sesuai
kebutuhan peserta didik; (2) hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan
bahwa media Ropin Badar termasuk dalam kategori “ Sangat Layak” digunakan
dengan presentase ahli media 87% dan ahli materi 90%; dan (3) respon peserta didik
terhadap penggunaan media ini sangat positif, antusias, peserta didik tertarik dengan
pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran
karena mampu
mempermudah pemahaman konsep dari materi bangun datar serta membuat suasana
kelas menjadi lebih hidup serta menyenangkan dengan adanya antusias peserta didik
yang aktif bertanya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : Dr. Maryanto, M.Sc. |
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Media Roda Pintar, Bangun Datar, ADDIE. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:26 |
| Last Modified: | 23 Sep 2025 03:26 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1660 |
