Faizah Fitriasih, NIM. 21110005 (2025) Korelasi Gaya Belajar Visual, Auditori, Dan Kinestetik Dengan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK Negeri 1 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (365kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (474kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (392kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (190kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (224kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Korelasi Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik
dengan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI di SMK
Negeri 1 Kebumen”. Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan gaya
belajar siswa yang berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mereka dalam mengikuti
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan memahami korelasi gaya
belajar terhadap pemahaman materi, guru diharapkan dapat menerapkan strategi
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar
visual, auditori, dan kinestetik dengan pemahaman materi PAI pada siswa kelas XI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional.
Populasi penelitian melibatkan seluruh siswa kelas XI berjumlah 504 orang, dan
sampel penelitian diambil sebanyak 20% atau 108 responden menggunakan teknik
simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner gaya belajar
(Visual Auditory Kinesthetic/VAK) dan tes pemahaman materi PAI. Data dianalisis
melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi
product moment untuk melihat hubungan antara variabel yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara ketiga
gaya belajar dengan pemahaman materi PAI pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1
Kebumen. Kontribusi korelasi masing-masing gaya belajar terhadap pemahaman
materi adalah sebesar 20,5% untuk gaya belajar visual, 23,1% untuk gaya belajar
auditori, dan 21,3% untuk gaya belajar kinestetik. Temuan ini mengindikasikan bahwa
gaya belajar memiliki korelasi signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa, sehingga
penting bagi guru untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan karakteristik gaya
belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Umi Arifah, S.Pd.I., M.M. |
| Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, visual, auditori, kinestetik, pemahaman materi Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:24 |
| Last Modified: | 22 Sep 2025 03:24 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1649 |
