Pengaruh Penggunaan Game Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk Ma‘arif 3 Kebumen

Fitria Maulidaz Zahra, NIM.21110147 (2025) Pengaruh Penggunaan Game Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk Ma‘arif 3 Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK
Fitria Maulidaz Zahra. 21110147. Pengaruh Penggunaan Game Based Learning
Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk Ma‘arif 3
Kebumen.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap
mata pelajaran Bahasa Arab yang sering dianggap sulit dan monoton, sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan game based learning
pada mata pelajaran bahasa Arab terhadap minat belajar siswa di SMK Ma‘arif 3
Kebumen. Game Based Learning dipilih sebagai inovasi pembelajaran yang
diharapkan dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen
semu (quasi-experimental design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK
Ma‘arif 3 Kebumen, dengan sampel sebanyak 52 responden dari kelas XI DKV.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Data
dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas uji-t, uji regresi
linear sederhana dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh
penggunaan game based learning pada mata pelajaran bahasa Arab terhadap minat
belajar siswa di SMK Ma‘arif 3 Kebumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan
dari penggunaan game based learning terhadap minat belajar siswa sebesar 0,000
pada mata pelajaran bahasa Arab di SMK Ma‘arif 3 Kebumen. Hal ini
mengindikasikan bahwa game based learning mampu menciptakan suasana belajar
yang lebih interaktif dan menarik, sehingga mampu membangkitkan motivasi dan
minat siswa dalam mempelajari Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:31
Last Modified: 22 Sep 2025 02:31
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item
View Item