Implementasi Metode Tartili dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Raudlatul ‘Arifin Desa Karangduwur

Dafita Fitri Gestiana, NIM : 21110104 (2025) Implementasi Metode Tartili dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Raudlatul ‘Arifin Desa Karangduwur. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Implementasi Metode
Tartili dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Raudlatul
‘Arifin Desa Karangduwur; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam mengimplementasikan Metode Tartili dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Raudlatul ‘Arifin Desa Karangduwur.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala TPQ,
Guru, dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi Metode Tartili
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Raudlatul ‘Arifin
Desa Karangduwur bahwa metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an. Mayoritas santri mengalami peningkatan dalam
aspek tajwid, kelancaran, dan ketepatan pelafalan huruf hijaiyah. Evaluasi
dilakukan secara harian atau sorogan dan akhir atau kenaikan jilid untuk memantau
perkembangan. Meskipun demikian, metode ini memiliki tantangan, seperti
ketergantungan santri terhadap guru dan karakter santri yang kurang sabar. Namun
secara keseluruhan, implementasi Metode Tartili memberikan dampak positif
terhadap kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudlatul ‘Arifin. (2) Faktor
pendukung dalam Implementasi metode tartili dalam pembelajaran Al-Qur’an
santri TPQ Raudlatul ‘Arifin Desa Karangduwur yaitu, guru, santri, lingkungan,
motivasi orang tua, dan ruangan yang nyaman. Untuk Faktor penghambat dalam
Implementasi metode tartili dalam pembelajaran Al-Qur’an santri TPQ Raudlatul
‘Arifin Desa Karangduwur yaitu, santri, guru, kurangnya motivasi orang tua, masih
banyak santri yang belum mengenal tajwid, dan sulit mengkondisikan santri saat
kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H Mahrur Adam Maulana, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Tartili, Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2025 02:35
Last Modified: 21 Sep 2025 02:35
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item
View Item