Satria Adikusuma, NIM.21110026 (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesuliatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Bina Karya 1 Karanganyar. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf
Download (1MB)
2. BAB I.pdf
Download (257kB)
3. BAB II.pdf
Download (285kB)
3. BAB II.pdf
Download (285kB)
4. BAB III.pdf
Download (145kB)
5. BAB IV.pdf
Download (244kB)
6. BAB V.pdf
Download (120kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (134kB)
Abstract
ABSTRAK
Satria Adikusuma. 21110026. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesuliatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Bina Karya 1 Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMK Bina Karya 1 Karanganyar. (2)
Menganalisis efektifitas strategi tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi guru
PAI. Penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitan ini meliputi tiga metode, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan ada tiga yaitu: reduksi data, penyajia data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mangatasi kesulitan belajar
siswa adalah dengan cara pendekatan secara personal, ditanya, dan kemudian guru membuat catatan siswa yang sekiranya siswa belum bisa memahami materi pelajaran, setelah itu guru baru mengelompokkan siswa siswa tersebut agar lebih mudah untuk menggunakan metode pembelajaran; (2) Untuk mengevaluasi strategi yang digunakan oleh guru agama adalah dengan cara melakukan penilaian setiap selesai pembelajaran akan diadakan ulangan harian atupun kuis ataupun bisa dengan melihat hasil dalam satu semester; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa ada beberapa
yaitu yang pertama adanya kemaauan kuat dari siswa untuk bisa mendalami pelajaran. Kedua, adanya kesinambungan dalam pembelajaran yang terus menerus tidak sekali dua kali. Ketiga, sarana dan prasaran yang harus disediakan. Dan yang
keempat adalah waktu.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Devi Yaniar Wi Hargina,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:56 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 02:56 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1631 |
