Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Lukulo Kebumen

NURROHMAH, NIM.19116764 (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Lukulo Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (727kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (27kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (16kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK
NURROHMAH. 19116764. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam
Lukulo Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Alam Lukulo; (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran Berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan aagama Islam di Sekolah Alam Lukulo
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan proses pengumpulan data yang dilakukan meliputi: data observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif yang kemudian disimpulkan melalui deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI , guru penggerak dan siswa Sekolah Alam Lukulo Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Alam Lukulo Kebumen sudah cukup baik, sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru sudah dapat menentukan elemen
Berdiferensiasi, membuat modul ajar, memetakan kompetensi sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen diagnostik, (2) Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran Berdiferensiasi yaitu: sekolah alam merupakan
sekolah penggerak sehinggapengawas dinas memberi perhatian khusus, sarana dan prasaran sekolah alam sangat bervariatif. Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Alam Lukulo yaitu: meliputi tantangan perencanaan pembelajaran Berdiferensiasi berupa masih penyesuaian mengenai istilah baru dari kurikulum merdeka berupa ATP, CP, Modul Ajar, dan TP kemudian sulitnya membuat modul
ajar sendiri, tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran Berdiferensiasi sulitnya memadukan heterogenitas siswa dengan elemen yang akan di Berdiferensiasikan. Tantangan evaluasi dalam pembelajaran Berdiferensiasi yaitu sulitnya pengambilan nilai yang harus menyesuaikan kemampuan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Atim Rinawati,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:10
Last Modified: 13 Aug 2025 02:10
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item
View Item