Ika Rifa Rofifah, NIM. 20116946 (2024) Analisis Kualitas Butir Soal Asesmen Madrasah Mata Pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (2MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (659kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (505kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (454kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (457kB)
Abstract
ABSTRAK
Ika Rifa Rofifah. 20116946. Analisis Kualitas Butir Soal Asesmen Madrasah Mata Pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kualitas Butir Soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024 ditinjau dari segi validitas; (2) Untuk mengetahui kualitas butir soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024 ditinjau dari segi reliabilitas; (3) Untuk mengetahui kualitas butir soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024 ditinjau dari segi tingkat kesukaran; (4) Untuk mengetahui kualitas butir soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024 ditinjau dari segi daya pembeda; (5) Untuk mengetahui kualitas butir soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Fikih di MI Ma’arif Pejagoan Tahun Pelajaran 2023/2024 ditinjau dari segi fungsi pengecoh/distractor.
Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Responden yang diteliti adalah peserta didik MI Ma’arif Pejagoan yang mengikuti Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024. Data yang dikumpulkan berupa wawancara dengan
guru MI Ma’arif Pejagoan, wawancara dengan salah satu penulis naskah sooal, dokumentasi profil madrasah, dokumentasi soal, kunci jawaban, dan lembar jawab peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Berdasarkan hasil penlitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Ditinjau dari segi Validitas, sejumlah 25 butir soal (50%) valid dan 25 butir soal (50%) tidak valid; (2) Ditinjau dari segi Reliabilitas, dua jenis soal reliabel, yaitu soal pilihan ganda biasa (0,740) dan soal pilihan ganda kompleks (0,704). Dua jenis soal tidak reliabel, yaitu soal pilihan benar (0,454) dan soal menjodohkan (0,415); (3) Ditinjau dari Tingkat Kukaran, kategori terlalu sukar berjumlah 1 butir soal (2%), kategori
cukup/sedang berjumlah 26 butir soal (52%), dan kategori terlalu mudah berjumlah 23 butir soal (46%); (4) Ditinjau dari Daya Pembeda, kategori buruk sekali 9 butir
soal (18%) dengan kriteria bertanda negatif, 13 butir soal buruk (26%), 10 butir soal cukup (20%), 17 butir soal baik (34%), dan 1 butir soal baik sekali (2%); (5) Ditinjau dari Efektivitas Pengecoh/Distractor, kategori baik berjumlah 15 (60%), kategori baik berjumlah 6 (24%), dan kategori buruk berjumlah 4 (16%).
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Dr. Imam Subarkah,M.Pd |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:46 |
| Last Modified: | 21 Jul 2025 03:46 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1558 |
