Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ As-Sholih SD Negeri Tegalretna

Fajar Ismail, NIM.19116654 (2023) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ As-Sholih SD Negeri Tegalretna. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (273kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (252kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK
Fajar Ismail, 19116654, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ As-Sholih SD Negeri Tegalretna.
Ada dua tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TPQ As-Sholih SD Negeri Tegalretna dan (2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran baca tulis AlQur’an dipengaruhi berbagai aspe k diantaranya metode pembelajaran yang digunakan, dan peran penting guru dalam mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca serta
menulis Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukan pembelajaran TPQ As-Sholih yang ada di SD Negeri Tegalretna merupakan bentuk kolaborasi guna untuk membentuk suatu
pembelajaran yang berlandaskan Islami yaitu Al-Qur’an. (1) Proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dilakukan di luar jam efektif sekolah, karena kegiatan ini masuk dalam
kegiatan pembiasaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an diantara adalah motivasi dan minat peserta didik, kualitas guru, sarana dan
prasarana, waktu, peran orang tua dan lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan di TPQ As-Sholih yaitu Iqro dari jilid 1-6. Untuk kelas TPQ berbeda dengan kelas umum, kelas TPQ disesuaikan terlebih dahulu dengan kemampuan dasar baca tulis Al-Qur’an peserta didik. (2) Peran SD Negeri Tegalretna dalam pembelajaran TPQ As-Sholih adalah sebagai penyedia fasilitas baik itu peserta didiknya, ruang kelas, meja, kursi, dan media pembelajaran yang dibutuhkan. Karena di sini SD Negeri Tegalretna dan TPQ As-Sholih bekolaborasi maka harus saling membantu satu sama lain. Evaluasi pembelajaran TPQ AsSholih dilakukan untuk mengamati perkembangan peserta didik dalam kemampuan baca
tulis Al-Qur’an. Evaluasi ini berupa bentuk suatu acara yang dimana nanti setiap kelas TPQ akan naik ke panggung untuk membacakan apa yang telah mereka pelajari selama satu
tahun ajaran. Evaluasi juga dilakukan dengan guru SD Negeri Tegalertna dan guru TPQ As-Sholih namun evaluasi ini berbeda dengan evaluasi peserta didik. Evaluasi yang dilakukan guru yaitu membahas bagaimana cara agar proses pembelajarn tetap berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Fibriyan Irodati,M.Pd.I
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:30
Last Modified: 21 Jul 2025 03:30
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item
View Item