Implementasi Pendidikan Karakter Religius di TPQ Khusnul Hidayah Desa Tanuharjo di Era 5.0.

Khafsoh, NIM.19116695. (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Religius di TPQ Khusnul Hidayah Desa Tanuharjo di Era 5.0. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (717kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (463kB)

Abstract

ABSTRAK
Khafsoh. 19116695. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di TPQ Khusnul Hidayah Desa Tanuharjo di Era 5.0.
Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter religius di TPQ Khusnul Hidayah Desa Tanuharjo; (2) untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan
karakter religius di TPQ Khusnul Hidayah Desa Tanuharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala TPQ Khusnul Hidayah, perwakilah guru TPQ Khusnul Hidayah, dan wali santri TPQ Khusnul Hidayah. Teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu : (1) Reduksi Data, (2) Display Data, (3) Penarikan Kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pendidikan religius di TPQ Khusnul Hidayah sudah cukup baik karena sudah menerapkan ketiga tahap implementasi dan sudah mewujudkannya melalui kegiatan untuk
menanamkan karakter religius kepada para santri. Selain itu, TPQ Khusnul Hidayah juga sudah berusaha menumbuhkan nilai-nilai religius kepada santri. Tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan proses pendidikan karakter di TPQ Khusnul Hidayah terbagi menjadi 3 macam yaitu kemajuan
teknologi, kenakalan anak-anak, dan anak-anak yang sangat aktif. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Religius, Era 5.0

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Drs.HR.Makhrur Adam Maulana,M.Ag
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:58
Last Modified: 17 Jun 2025 02:58
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item
View Item