Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Kauman Karanganyar

Nisaul Karimah, NIM : 2013243 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I., NIDN.2116058201 (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Kauman Karanganyar. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (802kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (366kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis dan memahami pengelolaan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Kauman Karanganyar. (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Kauman Karanganyar. Dalam mengkaji persoalan manajemen sumber daya manusia, penelitian ini menggunakan pendekatan George R. Terry. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Kauman Karanganyar sudah tertata dengan baik. Hal ini terlihat dalam pengelolaan pesantren sudah menyiapkan Planning (Perencanaan) yaitu: Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren, Sistem Pendidikan Pondok Pesantren, penguatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas pendidik. Organizing (Pengorganisasian): Penyusunan Struktur Organisasi yang Adaptif dan Inklusif, Meningkatkan peran dan tanggungjawab baik pengasuh, pendidik, dan pengurus. Actuating (Penggerakan) yaitu: a) Kegiatan Harian, b) Kegiatan Mingguan, c) Kegiatan Setengah Bulanan, d) Kegiatan Bulanan, e) Kegiatan Tahunan. Controlling (Pengawasan) yaitu: a) Kondisi Pengelolaan Madrasah Diniyyah, b) Kondisi Pendidik/asatidz/asatidzah. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan Kauman Karanganyar terbagi menjadi 4 yaitu: a) Waktu, b) Sarana dan Prasarana, c) Kurangnya kesadaran santri., d) Kurangnya Pengembangan Keterampilan dan Kompetensi Pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: manajemen, mutu pendidikan, pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 May 2025 02:54
Last Modified: 17 May 2025 02:54
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item
View Item