Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Jual Beli Dengan Media Barang Bekas Kelas III MI Giwangretno Sruweng Kebumen Tahun Pelajaran 2018/2019

Masikem, NIM.1512709 (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Jual Beli Dengan Media Barang Bekas Kelas III MI Giwangretno Sruweng Kebumen Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of COVER+ISI.pdf] Text
COVER+ISI.pdf - Published Version

Download (766kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)

Abstract

ABSTRAK
Masikem, 1512709. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Jual Beli Dengan Media Barang Bekas Kelas III MI Giwangretno Sruweng Kebumen Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan jual melalui media barang bekas siswa kelas III semester II MI Giwangretno Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat
deskriptif kualitatif melalui system kolaborasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan meliputi Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa yang
terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, pengamatan, dan dokumentasi. Data penelitian ini
diambil melalui pemberian tes formatif untuk mengetahui hasil belajar siswa, dengan materi pokok kegiatan jual beli. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan media barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nur Hidayah,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Syariah Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 May 2025 03:01
Last Modified: 17 May 2025 03:01
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item
View Item