YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pemanfaatan Akun YouTube Oleh PPTQ Quantum Qolbu)

Uswatun Khasanah, NIM.2032117 (2024) YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pemanfaatan Akun YouTube Oleh PPTQ Quantum Qolbu). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (240kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BABA IV.pdf] Text
BABA IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (229kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK
Dengan mengikuti perubahan zaman, perkembangan dakwah dapat lebih luas lagi dan bergerak seakan tanpa ada batas suku, bangsa dan agama. Semua pihak di belahan bumi manapun dapat mengakses dakwah dimanapun dan kapanpun meskipun itu bukan seagama muslim. Dakwah menjadi konsumsi publik dan dapat dilihat langsung bahkan oleh dunia internasional. Lahirnya media sosial menjadikan dakwah mendapat ruang besar untuk berkreasi. Dakwah menjadi semakin cepat tersebar dan
masuk pada ruang pribadi setiap insan. Jika dahulu orang harus menunggu waktu pengajian untuk mendapatkan informai agama, baik itu berkaitan dengan bidang ibadah maupun muamalah. Memasuki zaman media sosial seperti sekarang ini, untuk mendapatkan informasi keagamaan setiap orang dapat mengakses pada saluran yang tersedia salah satunya ialah YouTube. Jika dahulu orang harus datang kepengajian dan
bertanya langsung tentang apa yang dimaksud. Sekarang di era digital ini untuk mencari tema-tema tertentu orang tinggal mencari disaluran media sosial tersebut. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian
kualitatif adalah riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Bentuk pemanfaatan YouTube bagi Pondok Pesantren Quantum Qolbu dari hasil wawancara kepada santri dan observasi langsung, bahwa Youtube menjadi wadah untuk berdakwah oleh PPTQ Quantum Qolbu. Banyak yang menonton dan melihat pesan dakwah yang disampaikan melalui YouTube. YouTube juga memberi dampak positif bagi para santri dan pondok pesantren dalam perkembangannya. Sehingga santri maupun pondok sama-sama mendapatkan manfaat dari mengelola konten-konten di akun youtube tersebut. Dalam penelitian ini peneliti mendapatkan hasil bahwa YouTube memiliki manfaat diantaranya sebagai video streaming, sebagai media dakwah, branding pondok pesantren dan bentuk interaksi sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai media dakwah oleh PPTQ mempunyai sisi positif bagi para santri dan mendapat respon positif juga dari para penonton. Santri serta pengasuh PPTQ Quantum Qolbu berusaha untuk mengaktualisasikan pesan-pesan diatas guna memberikan informasi tentang keagamaan dengan memanfaatkan media sosial salah satunya ialah YouTube dengan jumlah 1960 subscriber dan telah ditonton sebanyak 75.935 kali

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Febriani,S.Kom,M.A
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Syariah Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 May 2025 06:47
Last Modified: 15 May 2025 06:47
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item
View Item