Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Kelas 5 MI Ma’arif Nu 01 Tangkisan Purbalingga

Dwiyani Sukmajati, NIM : 1912889 and Oky Ristya Trisnawati, M.Pd., NIDN. 2106109102 (2024) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Kelas 5 MI Ma’arif Nu 01 Tangkisan Purbalingga. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (343kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (422kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui hasil Penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA di kelas 5 MI Ma’arif NU 01 Tangkisan Purbalingga; (2) Untuk mengetahui gambaran hasil peserta didik setelah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA di kelas 5 MI Ma’arif NU 01 Tangkisan Pubralingga. Penelitian ini berupa kualitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas 5 MI Ma’arif NU 01 Tangkisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakn bahwa; (1) Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA telah dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur,(2) Penerapan metode demonstrasi secara umum dapat membantu siswa lebih aktif terlibat dalam pembelajaran selain itu keterampilan siswa juga meningkat, dimana mereka mampu mengikuti langkah-langkah eksperimen dengan lebih mandiri dan sistematis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2025 01:59
Last Modified: 23 Apr 2025 01:59
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1499

Actions (login required)

View Item
View Item