Sistem Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Berbasis Inklusif Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kemangguan.

Alfina Rahmawati, NIM.19116721 (2023) Sistem Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Berbasis Inklusif Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kemangguan. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (919kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (376kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (224kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

ABSTRAK
Alfina Rahmawati. 19116721. Sistem Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Berbasis Inklusif Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kemangguan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Sistem Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Berbasis Inklusif Madrasah Ibtidaiyah
Ma’arif Kemangguan; (2) Untuk mengetahui serta menganalisis semua faktor yang menghambat dan mendukung serta solusi dalam menerapkan sistem pembelajaran pendidikan Akidah Akhlak di madrasah berbasis inklusif Madrasah
Ibtidaiyah Ma’arif Kemangguan. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kemangguan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun desain penelitian yang di
gunakan adalah deskriptif dengan menjadikan guru dan siswa MI Ma’arif Kemangguan sebagai subyek penelitiannya. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan kemudian menganalisisnya dengan cara
deduktif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Sistem Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah Inklusif menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum modifikasi. Dengan kurikulum modifikasi, KD yang digunakan untuk
anak inklusi direndahkan. Sedangkan untuk anak normal menggunakan kurikulum 2013. Dalam pembelajaran anak-anak normal dengan anak-anak berkebutuhan khusus berada di kelas yang sama walaupun untuk pencapaian pembelajarannya
berbeda, hal tersebut dilakukan agar anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan teman sebaya mereka. (2) faktor-faktor
mendukung dan menghambat pada sistem pembelajaran pendidikan akidah akhlak dimadrasah berbasis inklusif ini diantaranya fasilitas dan sumber daya manusia. Fasilitas yang tersedia di MI Ma’arif Kemangguan diantaranya bidang
miring, kursi roda, anak tangga, dan ruang sumber.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Oky Ristya Trisnawati,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:56
Last Modified: 11 Feb 2025 02:56
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item
View Item