M. Nasrullah, NIM.20116921 (2024) upaya guru akidah akhlak dalam menanmkan pendidikan karakter di MA Salafiyah Wonyoso Kebumen Tahun Pelajaran 2024. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (809kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (518kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (354kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (453kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (13kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB)
Abstract
ABSTRAK
M. Nasrullah. 20116921. upaya guru akidah akhlak dalam menanmkan pendidikan karakter di MA Salafiyah Wonyoso Kebumen Tahun Pelajaran 2024. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagimana upaya guru akidah akhlak dalam menanmkan pendidikan karakter disipli, jujur, dan cinta damai peserta didik kelas XI di MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen Tahun Pelajaran 2024; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru Akidah Akhlak dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin, jujur dan cinta damai peserta didik kelas XI di MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen Tahun Pelajaran 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hal yang diteliti adalah upaya guru
akidah akhlak dalam menanmkan pendidikan karakter peserta didik kelas XI di MA Salafiyah Wonoyoso Kebumen Tahun Pelajaran 2024. Subjek yang diteliti adalah
Waka kesiswaan, guru mata pelajaran akidah akhlak, peserta didik kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun
teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajiaan data, dan verivikasi/menarik kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil penelitian yang dilakukan di MA
Salafiyah Wonoyoso Kebumen menunjukkan bahwa upaya seorang guru dalam menanamkan karakter disiplin, jujur, dan cinta damai peserta didik melaluai pra
pembelajaran, proses pembelajaran dan diluar pembelajaran, yaitu sikap kedisiplinan, memberi nasehat dan motivasi, ketika di luar pembelajaran dengan
latihan pembiasaan dan kedisiplinan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode dakwah. Faktor pendukungnya yaitu
internal: bekerja isama iantar iguru idisekolah, eksternal: ilingkungan, idukungan idari iorangtua. sedangkan Faktor penghambatnya yaitu internal: ikeamanan
isekolah, iserta isaran idan iprasarana , eksternal: teman sebaya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Benny Kurniawan,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 09 Feb 2025 03:50 |
| Last Modified: | 09 Feb 2025 03:50 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1482 |
