Implementasi Pembelajaran Dirosah Qiroatul Qur’an (DQQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MAN 4 Kebumen

Rifqi Faizah, NIM.20117016 (2024) Implementasi Pembelajaran Dirosah Qiroatul Qur’an (DQQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MAN 4 Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (596kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (163kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK
Rifqi Faizah. 20117016. Implementasi Pembelajaran Dirosah Qiroatul Qur’an (DQQ) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MAN 4 Kebumen.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi
pembelajaran DQQ atas dasar adanya problematika peserta didik yang memiliki kemampuan membaca al-Qur’an yang rendah. Selain itu, penelitian ini juga
dilatarbelakangi oleh problematika ekstrakulikuler BTQ yang dahulu dipegang oleh organisasi rohis tetapi dalam pelaksanaanya tidak tepat pada target sasaran
peserta didik.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil setiap data yang diteliti yaitu data hasil
observasi yang diamati selama proses pembelajaran DQQ dan data hasil wawancara terhadap kepala madrasah, guru pengampu, dan peserta didik kelas X.
Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran DQQ menggunakan kurikulum merdeka dengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran DQQ menggunakan beberapa metode, diantaranya: metode iqro, talaqqi, dan tutor sebaya menyesuaikan kemampuan belajar peserta didik. Implementasi pembelajaran DQQ memberikan dampak positif yakni mampu meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik dengan melihat
perolehan capaian pembelajaran DQQ serta memberikan semangat peserta didik dalam belajar membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing:Dr.Muhammad Bahrul Ilmie,S.Ag.,M.Hum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2025 03:11
Last Modified: 09 Feb 2025 03:11
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item
View Item