Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Khodijah Aqiqah Desa Surobayan Kecamatan Ambal Kebumen Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Irfan Muhammadi, NIM.2021203 (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Khodijah Aqiqah Desa Surobayan Kecamatan Ambal Kebumen Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (307kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen pada bisnis khodijah aqiqah desa surobayan kecamatan ambal kebumen menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan field research (penelitian lapangan), dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran Khadijah Aqiqah berfokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen Muslim dengan layanan aqiqah yang praktis, berkualitas, dan sesuai syariah. Segmentasi pasar mencakup aspek geografis, demografis,
psikografis, dan perilaku, dengan pendekatan penargetan undifferentiated dan differentiated targeting. Promosi melalui media sosial dan pemasaran word-of-mouth
memberikan dampak positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dalam perspektif ekonomi Islam, bisnis ini menerapkan prinsip-prinsip syariah dengan mengedepankan
nilai-nilai seperti Shiddiq (kejujuran), Amanah (kepercayaan), Fathanah (kecerdasan), dan Tabligh (komunikasi), yang menciptakan praktik bisnis yang adil dan berkualitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran Khadijah Aqiqah efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian dan sejalan dengan prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :H.Munir Achyar.,S.E.,M.S.I
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2025 02:44
Last Modified: 01 Feb 2025 02:44
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item
View Item