Peranan Guru Dalam Pembiasaan Sikap Keagamaan Siswa Melalui Pelajaran Al Qur’an Dan Praktik Ibadah Di Smk Ma’arif 2 Gombong

Siti Muamalah, NIM.1911632 (2024) Peranan Guru Dalam Pembiasaan Sikap Keagamaan Siswa Melalui Pelajaran Al Qur’an Dan Praktik Ibadah Di Smk Ma’arif 2 Gombong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (708kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK
Peranan Guru Dalam Pembiasaan Sikap Keagamaan Siswa Melalui Pelajaran Al Qur’an Dan Praktik Ibadah Di Smk Ma’arif 2 Gombong. Penelitian ini didasari dengan dijumpainya beberapa siswa yang belum terbiasa membiasakan sikap keagamaan dalam kehidupan sehari-hari seperti bersikap sopan dan santun, mengucapkan salam, berdoa sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan, dan beribadah tepat waktu.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dicocokan data hasil wawancara, observasi, maupun dokumentasi. Teknik analisi
data yang digunakan yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan
Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian Peran guru dalam membiasakan sikap keagamaan siswa melalui pelajaran Al Qur’an dan Praktik Ibadah ialah dengan sebagai sumber belajar, sebagai pembimbing, sebagai demonstrator/tauladan dan sebagai penasehat. Sikap keagamaan yang dibiasakan oleh guru API antara lain membiasakan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan,dan Santun), Membaca Asmaul
Husna dan Do’a, Melaksanakan sholat (dhuha dan duhur) berjamaah,dan Tahlil Bersama pada setiap hari jumat.
Dampak adanya pembiasaan sikap keagamaan siswa pada pembelajaran AlQur’an dan Praktik Ibadah diantaranya yaitu meningkatkan sikap tanggung jawab
siswa, meningkatkan sikap disiplin siswa, meningkatkan sikap mandiri siswa, dan meningkatkan sikap religious siswa. Pembiasaan sikap keagamaan yang dilakukan
untuk memberikan dampak positif pada siswa. Karena peran guru disekolah tidak hanya semata-mata mentransfer kepada siswa saja, tetapi juga mampu membiasakan sikap keagamaan siswa yang sudah dipelajari untuk diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Drs.H. Makhrur Adam Maulana,M.Ag
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:02
Last Modified: 21 Jan 2025 04:02
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item
View Item