Anang Ma’ruf, NIM.20116985 (2024) Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fikih Materi Gerakan Dan Bacaan Shalat Fardhu Di TPQ Q Nurul Huda Klopogodo. Diploma thesis, IAINU Kebumen.
AWAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (394kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (272kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (293kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (638kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB)
BAB V.pdf
Download (162kB)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini ditulis oleh Anang Ma’ruf, Nomor Induk Mahasiswa 20116985 dengan Judul Skripsi “Efektivitas Metode Demonstrasi Pembelajaran Fikih Materi Gerakan Dan Bacaan Shalat Fardhu di TPQ Q Nurul Huda Klopogodo”. Program
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Nahdlotul Ulama Kebumen tahun 2024 M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Metode Demonstrasi Pembelajaran Fikih Materi Gerakan Dan Bacaan Shalat Fardhu di TPQ Q Nurul Huda Klopogodo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan
pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode demonstrasi di TPQ Q Nuruul Huda Klopogodo dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan
demonstrasi langsung oleh guru, dilanjutkan dengan pembelajaran aktif melalui diskusi dan praktik kelompok, dan diakhiri dengan evaluasi untuk mengukur tingkat
pemahaman peserta didik. 2) Metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik terkait materi gerakan shalat. Hal ini terlihat dari respon positif dari para guru dan peserta didik, serta meningkatnya
mereka dalam mengaplikasikan materi ajar dengan baik dan tepat. Penerapan metode demonstrasi juga mempermudah proses pengajaran, memungkinkan guru untuk menyampaikan materi secara lebih jelas dan menarik. Oleh karena itu,
metode demonstrasi dinyatakan sebagai metode yang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran fikih, khususnya di lingkungan pendidikan dasar seperti TPQ.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Fuad Hasyim,M.Pd.I |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 10 Dec 2024 06:46 |
| Last Modified: | 10 Dec 2024 06:46 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1436 |
