Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dan Kurikulum Pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap. Tesis, Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen 2024

Urokhman Taufik, NIM.2241083 (2024) Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dan Kurikulum Pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap. Tesis, Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen 2024. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of REVISI MUNAQOSAH TESIS - TAUFIK UROKHMAN_2041083.pdf] Text
REVISI MUNAQOSAH TESIS - TAUFIK UROKHMAN_2041083.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Urokhman Taufik, 2241083. Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dan Kurikulum Pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap. Tesis, Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen 2024. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memberikan gambaran tentang 1) perencanaan (planning) manajemen integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum
pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap, 2) pengorganisasian (organizing) manajemen integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap, 3) pelaksanaan (actuating) manajemen
integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap, 4) evaluasi (controlling) manajemen integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah,
wakil kepala madrasah, komite madrasah, dan guru MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap. Analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perencanaan (planning) manajemen integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda
Adipala Cilacap melibatkan Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Raudlatul Huda Welahan Wetan Adipala Cilacap, Ketua Yayasan BAKII Pusat Kesugihan, Kepala Madrasah, Guru, Tenaga Kependidikan dan Ustadz Ustadzah maupun pesantren,
Komite Madrasah dan perwakilan wali murid, masyarakat, dan tokoh agama. 2) pengorganisasian (organizing) manajemen integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap menggunakan beberapa langkah strategis yaitu : a) Melakukan penyelarasan tujuan pendidikan, b) Melakukan pemetaan materi pelajaran, c) Melakukan pengembangan model kurikulum, d) Menjalankan program pendidikan yang telah terintegrasi sesuai
dengan prinsip-prinsip dan tujuan kurikulum, e) Melaksanakan evaluasi secara sistematis dan berkala. 3) pelaksanaan (actuating) manajemen integrasi kurikulum
madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap kepala madrasah, waka kurikulum, dan yayasan melakukan monitoring terhadap seluruh guru dan tenaga kependidikan agar benar-benar melaksanakan metode
pembelajaran sesuai dengan telah direncanakan dan disepakati bersama-sama. 4) evaluasi (controlling) manajemen integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren di MTs Raudlatul Huda Adipala Cilacap kepala madrasah dan pihak yayasan mengevaluasi secara individu terhadap seluruh guru dalam melaksanakan metode pembelajaran yang diintegrasikan, sehingga kepala madrasah dan yayasan saling bersinergi dalam melakukan evaluasi terhadap pengintegrasian kurikulum
madrasah dan kurikulum pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Sudadi,M.Pd.I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:28
Last Modified: 03 Dec 2024 03:28
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item
View Item