Analisis Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Industri Garam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto)

Utami wahyuningsih, NIM.2021219 (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Industri Garam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto). Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (367kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK
Wisata Edukasi Tunnel Garam merupakan salah industri penghasil garam berkualitas tinggi di Kabupaten Kebumen. Selain berkualitas tinggi disini juga telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan produk garam. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan inovasi produk yang diterapkan di Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto dalam meningkatkan volume penjualan perspektif ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana tujuannya untuk mendapatkan suatu gambaran secara mendalam mengenai kasus yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan,
yaitu wanwacara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada pemilik usaha, tenaga kerja dan konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian Wisata Edukasi Tunnel Garam telah menerapkan strategi pemasaran berupa bauran pemasaran 4P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Strategi inovasi produk
diterapkan dengan menggunakan tiga indikator, yaitu fitur produk, desain dan rancangan produk, kualitas produk dan adanya penambahan inovasi pemasaran berupa kemitraan. Melalui strategi pemasaran dan inovasi tersebut Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto mampu meningkatkan volume penjualan dibuktikan dengan data volume penjualan yang disajikan. Strategi pemasaran dan inovasi produk melalui pendekatan perspektif ekonomi Islam dengan Rabbaniyyah, Akhlaqiyyah, Al- Waqiyyah, dan Al-Insaniyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2024 04:40
Last Modified: 02 Dec 2024 04:40
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item
View Item