Utami wahyuningsih, NIM.2021219 (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Industri Garam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto). Diploma thesis, IAINU Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (264kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (367kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (179kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (771kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB)
Abstract
ABSTRAK
Wisata Edukasi Tunnel Garam merupakan salah industri penghasil garam berkualitas tinggi di Kabupaten Kebumen. Selain berkualitas tinggi disini juga telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan produk garam. Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan inovasi produk yang diterapkan di Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto dalam meningkatkan volume penjualan perspektif ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana tujuannya untuk mendapatkan suatu gambaran secara mendalam mengenai kasus yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan,
yaitu wanwacara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan kepada pemilik usaha, tenaga kerja dan konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian Wisata Edukasi Tunnel Garam telah menerapkan strategi pemasaran berupa bauran pemasaran 4P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Strategi inovasi produk
diterapkan dengan menggunakan tiga indikator, yaitu fitur produk, desain dan rancangan produk, kualitas produk dan adanya penambahan inovasi pemasaran berupa kemitraan. Melalui strategi pemasaran dan inovasi tersebut Wisata Edukasi Tunnel Garam Desa Tlogopragoto mampu meningkatkan volume penjualan dibuktikan dengan data volume penjualan yang disajikan. Strategi pemasaran dan inovasi produk melalui pendekatan perspektif ekonomi Islam dengan Rabbaniyyah, Akhlaqiyyah, Al- Waqiyyah, dan Al-Insaniyyah
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing :Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:40 |
| Last Modified: | 02 Dec 2024 04:40 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1366 |
