Sofiatul Mubarokah, NIM. 20116935 (2024) PEMAHAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KITAB TAISIRUL KHALLAQ DI PONDOK PESANTREN ASSYIROJ PURWOSARI PURING KEBUMEN. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
AWAL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
BAB II.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
BAB III.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (413kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui proses pembelajaran Kitab Taisirul Khallaq di Pondok Pesantren Assyiroj Purwosari (2). Mengetahui Pemahaman santri terkait akhlak dalam Kitab Taisirul Khallaq di Pondok Pesantren Assyiroj Purwosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami fenomena sosial dari pandangan perilakunya. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Assyiroj Purwosari. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan penelitian lapangan. Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang pemahaman nilai�nilai akhlak dalam Kitab Taisirul Khallaq di Pondok Pesantren Assyiroj Purwosari Puring Kebumen, dapat disimpulkan bahwa: pertama, Pembelajaran Kitab Taisirul Khallaq di pondok Pesantren Assyiroj sudah berjalan dengan baik. Di Pondok pesantren menerapkan akhlak dengan cara melakukan kebiasaan yang baik, memberi contoh, serta memberi teladan bagi santri yang tergolong masih junior atau masih kelas ‘ulaa atau ibtida’. Kedua, pemahaman nilai-nilai akhlak melalui pembelajaran Kitab Taisirul Khallaq sudah terlihat baik dilihat dari terpenuhinya indikator-indikator pembelajaran yang efektif, antara lain: santri aktif dalam pembelajaran, santri menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap konsep-konsep akhlak yang diajarkan dalam kitab, dengan kemampuan untuk menjelaskan dan memberikan contoh, dan santri dapat menerapkan nilai�nilai akhlak yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan pesantren maupun di luar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Fikria Najitama, M.S.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Nilai Akhlak, Kitab Taisirul Khallaq |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Nov 2024 03:03 |
| Last Modified: | 13 Nov 2024 03:03 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1353 |
