Implementasi Program Pustakawan Muda dan Duta pustaka dalam pengingkatan budaya literasi di MAN 3 Kebumen

Sofiyaturrohmah, NIM.20116852 (2024) Implementasi Program Pustakawan Muda dan Duta pustaka dalam pengingkatan budaya literasi di MAN 3 Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui implementasi program pustakawan muda dan duta pustaka dalam pengingkatan budaya literasi di MAN 3 Kebumen, khususnya peserta didik kelas XI MIPA 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan
menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman, ada 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1). Tahapan implementasi program pustakawan muda dan duta pustaka telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2015 tentang budi pekerti, tahapan pertama yaitu pembiasaan berupa kegiatan literasi senin pagi. Tahapan kedua adalah pengembangan, ada beberapa kegiatan diantaranya workshop, trolingnas, wajib
kunjung dan wajib pinjam. Tahapan ke tiga adalah pembelajaran, berupa penugasan dari guru yang akan membuat peserta didik berliterasi. Budaya literasi khususnya kelas XI MIPA 1, serta peserta didik MAN 3 Kebumen secara umum meningkat dengan adanya program tersebut. Terdapat 3 faktor pendukung dan penghambat menurut teori yang disampaikan oleh Ryan Firmansyah yaitu orang tua, guru, dan sarana dan prasarana. Serta ada dua factor yang peneliti
temukan yaitu pelaksana program serta kepala madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:51
Last Modified: 13 Nov 2024 02:51
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item
View Item