Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Falah Jabres Sruweng Kebumen

Wulan Nafisatul Munawaroh, NIM. 21112140 (2025) Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Falah Jabres Sruweng Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (601kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (619kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode sorogan dan menganalisis faktor pendukung serta kendala dalam penerapan metode sorogan dalam upaya meningkatkan keterapilan membaca kitab kuning di pondok peantren nurul falah jabres sruweng kebumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian santri pondok pesantren nurul falah yang mengikuti pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Nurul Falah Jabres dilakukan dengan cara santri satu persatu berhadapan dengan ustadz pengampu sorogan untuk membaca lalu menjelaskan isi dari kitab yang telah dibacanya, ketika terjadi kesalahan atau kurang tepat dari bacaan ataupun makna dan isinya pengampu mengoreksi dan memberi pemahaman langsung sampai santri benar-benar memahaminya; (2) faktor pendukung metode sorogan di pondok pesantren Nurul Falah Jabres yaitu: (1) Keinginan santri untuk bisa membaca kitab sesuai kaidah nahwu sharaf, dan memahami isi bacaan serta mampu mengungkapkan isi bacaan. (2) keinginan memahami hukum-hukum islam yang terkandung dalam kitab fikihnya (3) antusias santri dan gurunya dalam kegiatan sorogan sehingga terjalin interaksi yang dapat menimbulkan kepahaman yang mendalam. Kendala atau faktor penghambat dalam penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning, yaitu: (1) rasa santri dan gurunya dalam kegiatan sorogan sehingga terjalin interaksi yang dapat menimbulkan kepahaman (2) rasa tidak tertarik terhadap belajar kitab kuning (3) kurangnya interaksi (tanya jawab) antara santri dengan ustadz pengampu sorogan yang menyebabkan hambar dan membuat santri merasa bosan mengikuti sorogan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Drs. H.R. Makhrur Adam Maulana, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kitab Kuning, Metode Sorogan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2025 02:48
Last Modified: 09 Nov 2025 02:48
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item