Peran Guru dalam Membantu Siswa Broken Home untuk Mengatasi Masalah Sosial di SD Negeri 1 Widoro

Siti Zubaidah, NIM. 20116977 (2024) Peran Guru dalam Membantu Siswa Broken Home untuk Mengatasi Masalah Sosial di SD Negeri 1 Widoro. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui karakter siswa dari keluarga broken home di SD Negeri 1 Widoro; (2) untuk mengetahui masalah sosial yang siswa broken home SD Negeri 1 Widoro; (3) untuk mengetahui peran guru dalam membantu siswa broken home untuk mengatasi masalah sosial di SD Negeri 1 Widoro.Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Widoro sejumlah 3 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarakan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) siswa broken home cenderung mencari perhatian dengan perilaku negatif di sekolah; (2) siswa broken home sering membenarkan tindakan salah; (3) siswa broken home sering menolak dinasehati. Masalah sosial yang muncul; (1) bertutur kata kasar; (2) memicu perkelahian; (3) susah diatur dan dinasihati. Peran guru dalam mengatasi masalah ini: (1) pendekatan yang empatik melalui mengobrol; (2) ikut merasakan yang dirasakan siswa broken home; (3) penanaman nilai-nilai positif; (4), permainan ekspresi; (5) penguatan dengan sentuhan yang positif.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Faisal, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Broken Home, Masalah Sosial, Peran Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:19
Last Modified: 12 Nov 2024 04:19
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item
View Item