Peran Guru Roudhatul Athfal Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Usia Dini di RAT Yapika Tanjungsari

Ummul Afroh, NIM. 20116898 (2024) Peran Guru Roudhatul Athfal Dalam Penanaman Akhlak Pada Anak Usia Dini di RAT Yapika Tanjungsari. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Raudhatul Athfal (RA) dalam penanaman akhlak pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Terpadu (RAT) Yapika Tanjungasri, tindakan guru RA dalam menanamkan akhlak pada peserta didik dari kelas A sampai kelas B di RAT Yapika Tanjungsari, hambatan yang dihadapi oleh guru RA dalam menanamkan akhlak pada peserta didik kelas A dan kelas B serta solusi yang dilakukan oleh guru RA dalam menanamkan akhlak pada peserta didik kelas A dan kelas B di RAT Yapika Tanjungsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap kepala RAT, guru kelas, guru pendamping, dan salah satu wali murid. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai bulan Juli tahun 2024. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru RA di RAT Yapika Tanjungsari sudah berperan aktif dalam penanaman akhlak terhadap peserta didik, hal ini terlihat dari metode-metode yang dilakukan oleh guru RA, yaitu metode memberikan keteladanan, mengajak dan mengamalkannya, memberikan nasehat, dana mengawal pembiasaan positif. Guru RA disini tidak hanya sebagai pengajar seperti fungsinya yang menonjol selama ini, tetapi beralih sebagai pelatih, dan pembimbing.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Atsmarina Awanis, M.A.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Penanaman Akhlak , Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:58
Last Modified: 11 Nov 2024 02:58
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item
View Item