Implementasi Pendidikan Karakter Di SLB Putra Manunggal Gombong, Kebumen

Hanafiah Lutfi Hakim, NIM.20116916 (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Di SLB Putra Manunggal Gombong, Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hanafiah Lutfi Hakim. 20116916 Implementasi Pendidikan Karakter Di SLB Putra Manunggal Gombong, Kebumen.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1.) Bagaimana implementasi pendidikan karakter di SLB Putra Manunggal Gombong Kebumen 2.) Apa tantangan yang dihadapi dalam menenkankan pendidikan karakter di SLB Putra
Manunggal Gombong kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Miles & Huberman beranggapan bahwa analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Adapun subjek penelitian yaitu Anak
Bekebutuhan Khusus (ABK), Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa menunjukkan ketidak mampuan mental, emosi, dan fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembentukan karakter dilakukan melalui beberapa metode, antara lain yaitu pembiasaan, pemberian
motivasi, dan hukuman atau sanksi. Adapun nilai karakter yang ditekankan yaitu nilai religius, potensi diri (disiplin) dan nilai budaya. Adapun Tantangan yang
dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter, antara lain pada diri pribadi anak dan juga pola asuh anak ketika dirumah dan yaitu kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya pembentukan karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing :Nadia Raifah Nawa Kartika,S.Pd.,M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:54
Last Modified: 11 Nov 2024 01:54
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item
View Item