Upaya Guru TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Hikmah Desa Bandung Kebumen

Soli Erianti, NIM.20116853 (2024) Upaya Guru TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Hikmah Desa Bandung Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Soli Erianti . 20116853. Upaya Guru TPQ Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Hikmah Desa Bandung Kebumen Tujuan penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui upaya guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Quran AlHikmah Desa Bandung Kebumen. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan
faktor penghambat upaya guru TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca AlQuran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Hikmah Desa Bandung Kebumen. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala TPQ, Ustadz/ustadzah TPQ, dan Santri TPQ. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Upaya guru dalam meningkatkan kualitas membaca alquran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Hikmah Desa Bandung Kebumen ada beberapa cara yaitu guru mengidentifikasi karakteristik siswa dengan cara mengamati bagaimana siswa berinteraksi dengan teman-temannya dan melakukan bimbingan secara berulangulang terhadap peserta didik. Guru memberikan kesempatan belajar yang sama pada siswa dengan cara menyiapkan langkah-langkah sebelum pembelajaran, menggunakan metode dalam pembelajaran, dan menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Langkah-langkah yang dilakukan adalah membiasakan peserta didik untuk duduk rapi terlebih dahulu, metode yang digunakan adalah metode Qiraati, dan media yang di gunakan dalam proses pembelajaran adalah buku besar sebagai pengganti papan tulis. Dan upaya guru selanjutnya yaitu guru membantu
mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan siswa dengan cara memantau perkembangan diri peserta didik, melakukan bimbingan, dan memotivasi peserta didik. Faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru TPQ Al-Hikmah Desa Bandung Kebumen dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dari faktor pendukungnya adalah tersedianya ruang pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor eksternalnyaa adalah minat, bakat dan motivasi peserta didik itu sendiri. Faktor internal dari faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran, sedangkan faktor eksternalnya adalah bimbingan orang tua dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Umi Arifah,S.Pd.I.,M.M
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2024 03:21
Last Modified: 10 Nov 2024 03:21
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item
View Item