Penerapan Media PAPILAN terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen.

Nur Fadilah, NIM. 2012909 (2024) Penerapan Media PAPILAN terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II di MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (974kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
NUR FADILAH. 2012909. Penerapan Media PAPILAN terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II MI Ma’arif NU Karangsari Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan media PAPILAN untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II di MI Ma’arif NU Karangsari
Kebumen. 2) Mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa setelah diterapkan media PAPILAN pada pembelajaran matematika materi perkalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Dalam hal ini peneliti akan meneliti dan menggali informasi siswa kelas II di MI Ma’arif NU
Karangsari Kebumen terkait dengan penerapan media PAPILAN. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yakni teknik wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media PAPILAN terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II MI Ma’arif NU Karangsari melalui beberapa tahapan yang diambil dari teori Nana Syaodih yang dikutip dari syaifuddin yakni tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi dapat meningkatan kemampuan berhitung peserta didik. Kemampuan berhitung setelah diterapkan media PAPILAN pada pembelajaran matematika materi perkalian dapat dilihat dari
pelaksanaan pre test bahwa terdapat 11 peserta didik yang kemampuan berhitung perkalian cukup baik dan 10 peserta didik dalam kemampuan berhitung perkalian terbilang cukup rendah telah berkurang. Dengan dibuktikannya jumlah a

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nurhidayah,M.Pd
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:13
Last Modified: 30 Oct 2024 03:13
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item
View Item