Implementasi Metode Qiro’ati dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Raudlatul Athfal Al-Mukarromah Panggel Panjer Kebumen

Imam Safingi, NIM. 20116998 (2024) Implementasi Metode Qiro’ati dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Raudlatul Athfal Al-Mukarromah Panggel Panjer Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 0.1 file depan skripsi.pdf]
Preview
Text
0.1 file depan skripsi.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[thumbnail of Bab I.pdf]
Preview
Text
Bab I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of file akhir skripsi.pdf]
Preview
Text
file akhir skripsi.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan Metode Qiro’ati dalam pengembangan membaca Al-Qur’an di kelas B di RA Al�Mukarromah Panggel Panjer Kebumen. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi KBM (Kegiatan Belajar Mengajar dengan Metode Qiro’ati, apakah mampu meningkatkan membaca Al-Qur’an anak-anak RA Al-Mukarromah Panggel Panjer Kebumen. Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Anak-anak yang menjadi subjek penelitian yaitu RA kelas B di RA Al-Mukarromah Panggel Panjer Kebumen. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan hasil penelitian dalam prosesnya. Data-data yang terkumpul diperoleh dari rangkaian proses pengamatan atau observasi langsung di dalam pembelajaran, kemudian peneliti melakukan wawancara dengan pihak sekolah, ustadz-ustadzah TPQ, Kepala Sekolah, serta kepala TPQ. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif untuk mengkaji semua informasi yang berhasil dikumpulkan, berupa reduksi data, kemudian peneliti melakukan penyajian data, lalu penarikan kesimpulan di bagian paling akhir. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam kurun waktu Mei-Agustus, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) praktik Pembelajaran menggunakan metode Qiro’ati di RA Al-Mukarromah Panggel Panjer Kebumen telah terlaksana sesuai prosedur pembelajaran metode Qiro’ati. (2) implementasi Metode Qiro’ati yang ada di kelas RA B dapat meningkatkan baca Al-Qur’an dengan tartil dan benar serta membuat anak-anak mampu memahami materi ghorib dan tajwid secara efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Astmarina Awwanis, MA.
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati, Pendidikan Agama Islam, Raudlatul Athfal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2024 02:54
Last Modified: 27 Oct 2024 02:54
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item
View Item