Model Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas X di SMK Ma‟arif 5 Gombong pada Mata Pelajaran PAI BP

Asnan Nurul Habib, NIM. 20116988 (2024) Model Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa Kelas X di SMK Ma‟arif 5 Gombong pada Mata Pelajaran PAI BP. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 0. Bagian Awal.pdf]
Preview
Text
0. Bagian Awal.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version

Download (785kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Aktif pada mata pelajaran PAI BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) di kelas X BP (Broadcasting Perfilman) yang ada di SMK Ma‟arif 5 Gombong. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi KBM (Kegiatan Belajar Mengajar dengan Model Pembelajaran Aktif, apakah mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa kelas X BP di SMK Ma‟arif 5 Gombong. Penelitian ini berupa Penelitian Kualitatif. Siswa yang menjadi subjek penelitian yaitu kelas X program keahlian Broadcasting Perfilman (BP) di SMK Ma‟arif 5 Gombong. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan hasil penelitian dalam prosesnya. Data-data yang terkumpul diperoleh dari rangkaian proses pengamatan atau observasi langsung di dalam pembelajaran, kemudian peneliti melakukan wawancara dengan pihak sekolah, guru mata pelajaran PAI BP, Kepala Sekolah, serta siswa kelas X BP secara acak. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif untuk mengkaji semua informasi yang berhasil dikumpulkan, berupa reduksi data, kemudian peneliti melakukan penyajian data, lalu penarikan kesimpulan di bagian paling akhir. Dari penelitian yang telah dilakukan dalam kurun waktu Juni-Agustus, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) praktik KBM dengan Model Pembelajaran Aktif yang ada di SMK Ma‟arif 5 Gombong telah terlaksana sesuai prosedur, sebagaimana ditulis oleh guru mata pelajaran dalam RPP atau Modul Ajar; (2) implementasi Model Pembelajaran Aktif yang ada di kelas X BP dapat meningkatkan minat, antusiasme siswa, serta membuat mereka mampu memahami materi secara efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eliyanto, M.P.I.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Aktif, Pendidikan Agama Islam, SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2024 03:47
Last Modified: 26 Oct 2024 03:47
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item
View Item