Penerapan Metode Active Learning dalam Pembeajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Man 3 Kebumen

Nasikhatul Umah, NIM. 29116843 and Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd., NIDN. 2122019103 (2024) Penerapan Metode Active Learning dalam Pembeajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X Man 3 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (993kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui penerapan metode Active Learning dalam pembelajaran akidah akhlak siswa Kelas X MAN 3 Kebumen. 2) Mengetahui tantangan guru dalam menerapkan metode Active Larning dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini meggunakan pendeatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Active Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas X MAN 3 Kebumen diantaranya yaitu penerapan metode Aktive Learning dilakukan dengan baik sesuai dengan teori-teorinya. Keaktifan siswa sudah tercermin didalam pembelajaran dengan bukti siswa berdiskusi dan mampu mempresentasikan hasil diskusi. Siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan Modul Ajar yang disiapkan guru. Guru dan siswa juga mempunyai tantangan metode Active Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Tantangan dalam penerapan metode Active Learning pastinya dialami oleh setiap guru. Di MAN 3 kebumen khususnya guru mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu pada penggunaan handphone oleh siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran Akidah Akhlak, Active Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:57
Last Modified: 24 Oct 2024 02:57
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item
View Item