Konsep Pendidikan Menurut Al-Farabi dan Relevansinya Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka

Ahmad Rozik Al-Hasan, NIM. 20116940 and Rose Kusumaningratri, M.A., NIDN. 2107128601 (2024) Konsep Pendidikan Menurut Al-Farabi dan Relevansinya Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Minimnya pembahasan pemikiran Al-Farabi serta banyaknya pendidik yang belum paham kurikulum merdeka maka Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui konsep Pendidikan dalam pemikiran Al-Farabi. (2) Untuk mengetahui Relevansi konsep Pendidikan Al- Farabi yang diintegrasikan ke dalam Kurikulum Merdeka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kepustakaan (library research), dimana data untuk meunjang penelitian tidak dihadapkan langsung oleh kejadian empiris atau saksi mata melainkan data yang dihasilkan oleh teks (nash), artikel, buku, dan lain sebagainya. Sehingga dalam meneliti pemikiran dari Al�Farabi, penulis menggunakan bantuan berupa buku-buku beliau sendiri dan buku�buku yang menunjang untuk menjadi dasar argumentasi yang memperkokoh pemikiran dari Al- Farabi itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Konsep Pendidikan Islam dalam pemikiran Al-Farabi yang bercorak Religius-Rasional. Al-Farabi menekankan tujuan pendidikan untuk mencapai kesempurnaan hidup melalui perbaikan moral, dengan guru berperan sebagai teladan moral. Metode pembelajaran yang diusulkan Al-Farabi mencakup penanaman rasa kesalehan dan pemaksaan untuk siswa yang kurang sadar akan perannya sebagai warga. Al�Farabi juga menyoroti pentingnya klasifikasi ilmu untuk memudahkan penyusunan kurikulum. (2) Tujuan Pendidikan Al-Farabi selaras dengan tujuan Kurikulum Merdeka, yaitu meningkatkan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, serta mengembangkan potensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila. Aspek-aspek pendidikan yang diajukan Al-Farabi, seperti ilmu praktis dan kebahagiaan, relevan dengan metode pembelajaran dan nilai-nilai yang ditanamkan dalam Kurikulum Merdeka, termasuk Bernalar Kritis, Bergotong Royong, dan Kebinekaan Global. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi pemikiran Al-Farabi ke dalam Kurikulum Merdeka dapat membantu mencetak generasi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Rose Kusumaningratri, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Al-Farabi, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2024 02:13
Last Modified: 06 Oct 2024 02:13
URI: https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item
View Item