Lisa Wakhidatun Syiam, NIM. 20116876 and Dr. Shohibul Adib, S.Ag., M.S.I., NIDN. 2122047901 (2024) Implementasi Pembelajaran Fikih Perempuan Pada Santri Putri Melalui Kitab Uyunul Masail Linnisa Di Pondok Pesantren Kanzul Ulum Jatijajar Ayah. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (928kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran fikih perempuan pada santri putri melalui Kitab Uyunul Masail Linnisa di Pondok Pesantren Kanzul Ulum Jatijajar Ayah (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran fikih perempuan pada santri putri melalui Kitab Uyunul Masail Linnisa di Pondok Pesantren Kanzul Ulum Jatijajar Ayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi pembelajaran fikih perempuan melalui Kitab Uyunul Masail Linnisa di Pondok Pesantren Kanzul Ulum Jatijajar dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pertama perencanaan meliputi kurikulum pesantren, tujuan pembelajaran, media dan metode pembelajaran yang digunakan, tahap kedua pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, inti, penutup, dan tahap ketiga evaluasi meliputi tes lisan dan tes tertulis. Setelah melalui tiga tahap persiapan pembelajaran dapat dilihat tingkat pemahaman santri putri melalui hasil tes tertulis pada tahap evaluasi dengan perolehan nilai rata-rata 82. (2) Faktor pendukungnya yakni metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab yang diterapkan, strategi dan media yang digunakan, serta penempatan waktu yang efektif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tingkat
pemahaman daya pikir santri yang berbeda-beda dan tingkat kesulitan materi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Dr. Shohibul Adib, M.S.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Kitab Uyunul Masail Linnisa, Fikih Perempuan, Pondok Pesantren Kanzul Ulum Jatijajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:51 |
| Last Modified: | 26 Sep 2024 06:51 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1231 |
