Isnin Marlina, NIM. 20116968 and Fibriyan Irodati, M.Pd.I., NIDN. 2120029101 (2024) Pembelajaran Akhlak Melalui Kitab Ta’lim Muta’alim Bagi Santri Pondok Pesantren An Nahdliyah SMK Ma’arif 9 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (436kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Kitab Ta’lim Muta’alim merupakan karya terkenal Syekh Al Zarnuji yang berisi tentang sikap kepatuhan dari para murid sepenuhnya kepada pada kyai/guru. Karya ini merupakan salah satu tiang penyangga utama pendidikan pesantren. Kitab Ta’lim Muta’alim merupakan literature klasik yang membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak demi tercapainya kemanfaatan ilmu. Kitab ini diakui sebagai karya monumental yang sangat diperhitungkan keberadaannya. Kegiatan pembelajaran melalui kitab Ta’lim Muta’alim tersebut diharapkan dapat memperbaiki perilaku santri. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti pembelajaran akhlak kitab Ta’lim Muta’alim dan dampaknya dikalangan santri Pondok Pesantren An Nahdliyah SMK Ma’arif 9 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang kemudian disimpulkan melalui deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok pesantren An Nahdliyah SMK Ma’arif 9 Kebumen, ustadz/ustadzah dan santri. Berdasarkan penelitian diperoleh gambaran tentang akhlak al-karimah santri yang diperoleh dari pembelajaran kitab ta’lim muta’alim. Pembelajaran kitab Ta’lim di Pondok Pesantren An Nahdliyah SMK Ma’arif 9 Kebumen mengunakan beberapa metode yaitu metode bandongan, metode sarogan, dan metode ceramah. Sedangkan dampak dari pembelajaran kitab ta’lim al-muta’allim adalah terbentuknya akhlak al�karimah dalam diri santri. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam sikap-sikap terpuji yang ditunjukkan oleh santri pondok pesantren An Nahdliyah SMK Ma’arif 9 Kebumen diantaranya yaitu ta’dzim, menghormati ustadz/guru, menghormati teman, sopan santun, mengagungkan ilmu serta adab ketika mendahului guru berbicara. Semua itu tetap diterapkan oleh santri baik di lingkungan pondok maupun di luar pondok.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing : Fibriyan Irodati, M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kitab Ta’lim, Santri, Pondok Pesantren, SMK |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
| Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:41 |
| Last Modified: | 26 Sep 2024 06:41 |
| URI: | https://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1230 |
